Bagi yang senang utak – utik mobil mungkin suatu saat ingin membongkar dan memasang kembali tape mobil anda. Membongkar tape lama dan mengganti atau memasang dengan tape baru yang lebih baik dan kualitasnya lebih tinggi.

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk membongkar tape dari dashboard. Dengan sedikit keberanian dan mengamati secara mendalam, melepas tape dari dashboard bukan pekerjaan yang rumit dan sukar.

Akan saya uraikan membongkar tape mobil sebagai sample untuk mobil jenis Espass. Hal yang harus dilakukan pertama kali tentu saja mengamati posisi tape pada dashboard. Biasanya tape dipasang tertanam pada dashboard dibawah tombol – tombol pengatur ac mobil. Dibawah tape mobil terdapat laci kecil yang bisa ditarik dan ditekan untuk membuka atau menutupnya. Selanjutnya ikuti langkah – langkah berikut ini :

1. Pertama, lepas laci dibawah tape dengan cara menarik sampai terlepas dari dudukannya. Setelah itu, dudukan laci yang berupa plat logam dilepas baudnya menggunakan obeng bintang/ obeng kembang/ obeng +. Biasanya ada 3 sekrup yang mengunci dudukan laci tersebut.

2. Kedua, jika dudukan laci sudah terlepas, tinggal tape ditarik dengan tangan kiri tangan kanan membantu mendorong dari bawah. Dalam keadaan normal dengan cara ini tape secara perlahan bergeser keluar dan sudah bisa dilepas.

3. Ketiga, setelah bisa terlepas tape dari dudukannya, maka tinggal kabel – kabel yang ada pada slot dilepas satu persatu – satu.

4. Siapkan tape pengganti dan masukan dengan cara sebaliknya seperti pada saat melepas tape lama. Jangan lupa kabel – kabel dipasang terlebih dahulu sebelum tape baru dimasukkan ke dudukan/ tempat tape. Untuk pemasangan kabel-kabel perlu dibaca pada buku manual yang menyertai tape baru tersebut.

Kalau ternyata anda mengalami kesulitan, misalnya sukses membongkar tapi gagal memasang jangan khawatir, undang saja montir yang ahli dalam memasang tape mobil. Paling tidak anda dapat pelajaran berharga bahwa keahlian adalah sesuatu yang patut dihargai sewajarnya.

« »